Categories
Tutorial

Cara Mudah Membuat Video Stop Motion

tumblr_msv1pz32rn1qagyhzo1_500
Ilustrasi

Saya mau bagi pengalaman membuat stop motion, meskipun masih amatiran dan dengan alat yang tidak mendukung tetapi Alhamdulillah jadi juga, heheheh. Agak cerita sedikit ya, jadi waktu semester dua itu ada mata kuliah media dan disuruh buat video dengan tema bebas tetapi ada pesan yang terungkap atau tergigit di dalamnya. Karena saya suka sekali melihat film atau drama jadi seneng dapat tugas seperti itu, jadi teringat kutipan Raditya Dika yang bagus di twitter nih :

“Kalau kamu suka baca, mulailah menulis. Suka nonton, mulai bikin video. Beranilah menjadi seorang pencipta, ketimbang hanya penikmat.”

Oke, daripada lama-lama mendingan cusss saya kasih tau. Jadi alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat video stop motion itu adalah:

  1. Kamera atau kalau tidak ada DSLR seperti saya. Saya menggunakan kamera hp yang memiliki 8 MP, atau 5 MP juga bagus kok tergantung yang mengambil gambar hehe.
  2. Tripod. Nah guna tripod ini sebenarnya biar gambar yang dipotret nggak goyang atau membuat setiap posisi gambar sama. Tapi karena saya nggak punya tripod jadi tahan-tahan deh ngambil gambarnya denga bokong yang sakit. xD
  3. Tongsis. Bukan tongkatnya ya, tetapi yang petak tempat hp ditaroh, nah itu diletakkan bersama tripod jadi kalau udah punya kedua alat itu tinggal cekrek-cekrek doang. 
  4. Properti. Yang keempat ini paling penting, properti yang digunakan adalah sesuai tema yang akan kita buat untuk video stop motion yang akan teman-teman buat. Waktu itu properti saya berupa kertas karton, kertas hvs warna, dan cat warna buat menggambar (untuk hiasan dan terinspirasi dari video AULION) dan temen-temen juga bisa menambakan properti yang keren sesuai kreatifitas untuk mendukung video stop motion yang akan dibuat.

Setelah itu, foto properti nya secara perlahan-lahan saja. Geser sedikit-sedikit objeknya selama proses berlangsung. Harus sabar kalau bagian ini, hehe.

Dan yang paling penting juga penggunaan backsound yang harus sesuai, seperti saya menggunakan various artist di drama yang membuat merinding (kata temen saya) itu cukup membuat dramatisir video bullying yang saya dan temen-temen sekelompok saya buat. 

Mudah kan? Gampang kan? Nah silakan temen-temen yang ingin mencoba, membuat video itu asik. Dan sekadar informasi kalau saya edit video menggunakan windows movie maker karena sangat mudah.

Share kreatifitasmu! 

One reply on “Cara Mudah Membuat Video Stop Motion”

Leave a comment